Bersaing dengan Android, Nokia Rekrut Pecinta Vespa di
China
Adam Guli, juragan sosial media yang mengelilingi Beijing dengan
sekuter Vespa memberi tumpangan pada Nokia dalam persaingan melawan handset
Android dan iPhone di Cina.
Rabu 28 Maret 2012 Nokia meluncurkan Lumia 800 dan Lumia 610
yang dijalankan jaringan China Telecom Corp. Keduanya juga dijalankan pada
telepon yang jaringannya dioperasikan China Unicom Hong Kong Ltd. dan China
Mobile Ltd.
“Kami yakin bahwa
aplikasi yang relevan secara lokal akan mendapatkan banyak perhatian,” kataChief Executive Officer Nokia, Stephen Elop, saat
peluncuran Lumia versi berbasis perangkat lunak Microsoft Corp. seperti
dilansir Bloomberg 29 Maret 2012.
Pesaing Nokia, iPhone di Cina tidak dominan seperti di Amerika
Serikat. Menurut Derek Ling dari Tianji, jaringan profesional terbesar di Cina,
Apple, mengalami kesulitan dalam bernegosiasi dengan peraturan China Mobile,
provider terbesar China.
Sumber : http://swa.co.id/business%20strategy/bersaing-dengan-android-nokia-rekrut-pecinta-vespa-di-china
1.
Lakukan mini riset mengenai aplikasi social
media Let’s Powwow. Dimulai dengan apakah itu, benefit yang didapatkan bagi pengguna, serta ciri khas
yang menjadi pembeda dengan aplikasi social media lainnya, terlebih karena
aplikasi ini hanya terdapat secara lokal di Cina.
Apa itu Let’s
Powwow?
Powwow Ltd. is a Mobile Internet company
providing a location-based, Social Network, Search Engine service that is
founded upon personal user needs and set preferences. Let’s Powwow offers
relevant information about places, people and events around an individual that
pertains to that person’s particular likes and interests. ( sumber :
http://www.letspw.com/)
Dari definisi
yang didapat dari website resminya, maka dapat diketahui bahwa Let’s Powwow
adalah sebuah aplikasi mobile yang berdasarkan pada lokasi, jaringan social,
dan mesin pencari. Jadi diibaratkan, Let’s Powwow adalah pusat sosial dunia yang memastikan
orang-orang untuk tetap terhubung di mana aplikasi ini memiliki banyak manfaat bagi penggunanya.
Manfaat dari
menggunakan aplikasi ini adalah orang dapat mengetahui dimana temannya berada,
menemukan event-event yang menarik, dan mendapatkan keuntungan khusus dari
penawaran yang ada di aplikasi ini. Dengan aplikasi ini, seseorang dapat
mengetahui apa yang orang lain suka atau tertarik. Tentu saja orang-orang
tersebut itu juga pengguna Let’s Powwow.
Dan manfaat
yang didapat dari penggunanya langsung dapat dilihat langsung dari komentar
penggunanya tentang aplikasi ini.
yoyao on March 26, 2011 (HTC Hero with
version 1.2.1)
Very useful app
I use it all the time looking for some great
specials! I'll be out and when trying to figure out where to meet with friends
for food and drinks, I'll fire up Powwow and see what places have what deals.
Great to be able to see where my friends are at as well, so if they're nearby,
we'll meet up. (sumber : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.dp.android.powwow )
Berdasarkan
komentar pengguna Let’s Powwow di atas, maka dapat diketahui bahwa pengguna
menggunakannnya untuk mancari sesuatu yang special. Pengguna dapat menentukan
dan dimana mereka bertemu teman-teman mereka untuk makan dan minum. Pengguna
menggunakan Let’s Powwow untuk mendapatkan tempat yang mempunyai penawaran
istimewa. Pengguna dapat mengetahu dimana keberadaan teman-teman mereka. Dan
jika teman-teman itu diketahui ada di tempat terdekat sekitar mereka, pengguna
dan teman-teman mereka bisa bertemu.
Dan
yang menarik dari Let’s Powwow bisa dilihat dari wawancara dengan CEO Let’s
Powwow, Adam Guli sebagai berikut:
You seem to be up against both LBS such as
Jiepang, and group-buy sites such as Dianping and Lashou. How are you
persuading clients/venues that your way is the right way (or that your users
have more income, etc)?
Because we add value for the venue. It is
simply not enough to have people looking at or seeing what people have said
about a place. Venues are more interested in seeing what are the buying
behaviors their customers have. Then they can target loyal or active customers
and have these customers draw similar-minded customers to their establishment.
Because we work with the venues in creating
deals that can identify these buying behaviors we collect and give reports on
what is working and what is not. We become the platform that can be used to
understand gaps within the business. More importantly, because we do not
populate our search of venues simply using distance, but rather in terms of
popularity. That ranks personal interest and friends’ interests, which is a
natural ranking system. That’s what happens in the venue list in Let’s Powwow –
it does not happen with other LBS companies.
In effect, we are creating a meta-game for
the venues to try to bring their ranking up. It is similar to Google analytics,
but focused on a 500, 1,000, or 2,000 group of search results around a
particular individual. No one else does this at the moment, and it creates
great appeal for our service.
(Sumber : http://www.techinasia.com/letspowwow-interview/)
Dari wawancara
tersebut, Yang menjadi ciri khas Let’s Powwow yang berbeda dengan social media
yang lain adalah adanya Let’s Powwow memberi nilai tambahan pada tempat-tempat
orang yang cari dan bicarakan. Suatu tempat menjadi menarik ketika mengetahui
apa yang konsumen mau. Pengguna aplikasi ini bisa menjadi pelanggan yang setia
pada suatu tempat yang memberikan penawaran menarik pada pelanggannya.
Tempat-tempat
tersebut bisa diranking oleh pengguna aplikasi ini berdasarkan daya tarik
tempat tersebut. Jadi aplikasi ini bisa menjembatani peluang bisnis yang ada.
Dan aplikasi ini bernuansa permainan sehingga menjadikan aplikasi ini menjadi
daya tarik di sini. Tambahan Cina adalah pemilik 300 juta pengguna internet
dimana 18 juta diantaranya pengguna sosial media berbasis aplikasi. Jadi
aplikasi ini bisa menarik banyak sekali orang di Cina karena Let’s Powwow
adalah juga merupakan aplikasi sosial media yang berbasis lokasi.
Tentu saja strategi yang
dijalankan Nokia sudah tepat. Let’s Powwow adalah suatu aplikasi menarik yang
dapat menjangkau banyak konsumen di Cina. Ini bisa dilihat dari wawancara
berikut yang sudah disinggung sedikit pada jawaban pertanyaan sebelumnya.
Why did you decide to launch this start-up in China, rather than any
other country?
300 million mobile internet users and growing! The math does not lie.
We can accomplish more traction in one market then others are doing globally.
Foursquare has 10 million users globally. China already has 18 million LBS
users. Imagine what will happen if we can make this thing really popular. Ask
[Sina] Weibo how they are doing and it gives you a hint of where our ambitions
are. It’s very exciting to be here. Besides, I fully believe that it will be
Chinese companies re-shaping the commercial world, and we want to be part of
that new shift in power.
Dengan bekerja sama dengan Let’s
Powwow, popularitas Nokia kian beranjak seiring dengan banyaknya pengguna
aplikasi Let’s Powwow ini. Cina mempunyai ratusan juta pengguna internet yang
belasan juta diantaranya pemakai sosial media yang berbasis lokasi.
Nokia bisa semakin maju seiring
dengan bertambahnya pengguna aplikasi Let’s Powwow ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar